Begini Lho.. 6 Cara Tuhan Berkomunikasi Dengan Manusia
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 15 January 2024

Kalangan Sendiri

Begini Lho.. 6 Cara Tuhan Berkomunikasi Dengan Manusia

Claudia Jessica Official Writer
1123

Meskipun kita tidak bisa mendengar suara Tuhan seperti yang dialami Musa saat ia mendengar suara Tuhan melalui semak yang terbakar, atau kita juga tidak bisa menafsirkan mimpi seperti yang dilakukan Yusuf, namun Allah telah berfirman bahwa Ia masih terus berbicara dengan kita hingga saat ini.

Hubungan dasar kita dengan Bapa dapat terbangun hingga saat ini karena pengorbanan Yesus di kayu salib. Melalui kematian-Nya, kita semua diberi akses untuk berbicara kepada Tuhan. Lalu bagaimana cara Tuhan membiarkan kita berkomunikasi dengan-Nya?

#1 Doa

Mazmur 86:1 mengatakan, “Dengarlah doaku, ya TUHAN, dan jawablah aku, sebab aku miskin dan lemah.” (BIS)

Mazmur 86:7 mengatakan “Di waktu kesesakan aku berdoa kepada-Mu, sebab Engkau menjawab aku.” (BIS)

 

BACA JUGA: Temukan Panggilan Hidupmu, 5 Ayat Alkitab Ini Akan Menuntun Anda Peka dengan Suara Tuhan

 

Daud, salah satu penulis kitab Mazmur menunjukkan kepada kita bahwa kehendak Tuhan lebih baik daripada apapun yang bisa ia pikirkan atau bayangkan dalam kehidupannya sendiri. Melalui Mazmur 86:15, Daud mengingatkan kita tentang karakter Allah, “Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia.” (TB)

Tuhan berbicara pada hidup kita melalui janji-Nya untuk mendengar dan menjawab doa-doa kita sebagaimana yang Ia kehendaki.

#2 Firman Tuhan

Allah berbicara kepada manusia melalui Firman-Nya. Ketika kita menerima Kristus sebagai Juruselamat dalam kehidupan kita, Roh Kudus tinggal di dalam diri kita dan membantu kita dalam menafsirkan, dan membantu kita dalam pembelajaran dan penerapan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

2 Timotius 3: 16-17 menuliskan, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

#3 Roh Kudus

Ketika Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya setelah kebangkitan-Nya, “Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci,” (Lukas 24:45).

 

BACA JUGA: Dimampukan Mendengar Suara Tuhan

 

Kemudian Yesus berjanji “Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi,” (Lukas 24:49)

Perkataan Yesus ini mengacu pada kedatangan Roh Kudus, yang digenapi dalam Kisah Para Rasul 2:4, “Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.”

#4 Gereja

Ibrani 10:25 “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

Tuhan bisa berbicara kepada kita melalui gereja sebagai perantara-Nya.

1 Korintus 12:27 “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.”

#5 Orang

Tak jarang Tuhan menyampaikan apa yang ingin Ia katakan kepada kita melalui orang lain. Jika kita mau bersikap rendah hati, kita dapat membedakan suara-suara orang dengan suara orang yang Tuhan pakai untuk menyampaikan pesan-Nya kepada kita.

Tuhan juga sering kali menggunakan hamba-Nya yang berbicara berkhotbah di atas mimbar untuk memberikan jawaban-Nya kepada kita.

Tuhan kita adalah Tuhan yang pengasih sehingga Ia merelakan anak-Nya yang tunggal untuk mati bagi kita semua. IA tidak mungkin meninggalkan kita sendirian di dunia yang keras ini.

 

BACA JUGA: Ingin Tahu Kehendak Tuhan? Berikut Cara Mendengar dan Membedakan Suara Tuhan

 

#6 Media Sosial

Media sosial tidak berada diluar kehendak Tuhan. Bahkan Tuhan dapat menggunakan media sosial untuk kemuliaan-Nya dan menjangkau kehidupan orang-orang yang menggunakan media sosial.

Salah satunya adalah gerakan gereja online. Meski gereja online tidak boleh menggantikan gereja fisik, namun gereja online menjadi alat untuk menyebarkan Injil dengan jangkauan yang lebih luas sehingga banyak orang yang dapat mendengar Dia.

Sebagai orang percaya yang menggunakan media sosial, kita dapat membanjiri media sosial dengan berbagai inspirasi dan kebenaran Alkitab untuk memerangi agenda negatif yang tersebar luas.

Hari ini, Tuhan berbicara kepada kita melalui cara-caraNya yang unik. Tak hanya dengan 5 cara di atas, masih ada banyak lagi cara Tuhan yang tak pernah kita pikirkan untuk berbicara kepada kita. Dia dapat melakukan banyak hal untuk berkomunikasi kepada kita. Marilah kita meminta hikmat kepada-Nya untuk lebih peka dalam mendengar apa yang IA katakan kepada kita.

Anda diberkati dengan artikel ini? Yuk bagikan ke media sosial dan teman-teman agar Anda juga bisa menjadi berkat lewat cara sederhana ini.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami